Wisma Aceu

Wisma Aceu

Jumat, 08 Juni 2012

Mencoba membuat Pupuk Cair N P K

Assalamu'alaikum, pemerhati blog wisma aceu,
Rasa kepenasaranku terhadap pupuk organik sebagai bahan makanan tanaman yang sedang kucoba tanam, membawa saya melakukan percobaan pembuatan pupuk cair yang mengandung unsur NPK berkadar tinggi. sulitkah itu...tidak sulit... asal ada kemauan pasti bisa.Rupanya Paman Google telah menyediakan informasi tersebut. terbukti banyak tulisan / artkikel tentang pembuatan pupuk cair NPK secara alami pengganti NPK pabrikan yang dibuat dari kimia.

Penulis-penulis tersebut saya sebut sebagai pahlawan tanpa pamrih yang asli, mengingat dengan kebaikannya mau berbagi ilmu dan pengalaman kepada siapapun yang tentunya akses ke internet. salah satunya saya.

Saat ini, saya baru  membuat pupuk cair N dan P,  yang kata orang N adalah nitrogen yang fungsinya sebagai penguat masa pertumbuhan akar, batang dan daun, sedangkan P atau posfor digunakan pada saat masa pembentukan buah.


Pembuatan Pupuk Cair N yang saya buat, dengan bahan-bahan sbb:
   -  siapkan tong plastik 30-50 lt
   -  masukkan ke tong akar kacang tanah sekitar 1/2 tong (kebetulan saya baru panen kacang he..he)
   - tuangkan Mikroorganisme, yg saya gunakan M4 sebanyak 1/2 botol,  M4 bisa dibeli ditoko pertanian         Rp 18.000 per botol
   - masukkan bandotan,daun bambu kering,daun salam,daun sirsak secukupnya
   - tuangkan  air kelapa kalau bisa 10 - 20 lt,  yg saya lagi buat kurang dari 10 lt  ....ngirit lah namanya juga nyoba.
   -  tuangkan 1 kg gula putih
   - terahir tuangkan urine sapi...ini die pesingnya bukan main.... kebetulan saya punya persediaan 20 lt urine sapi yg telah saya simpan lebih dari 1 bulan. banyak orang bilan urinne sapi merupakan bahan [pupuk cair yang bagus.
- Kemudian tutup rapat-rapat hingga 2 minggu mendatang.

Pembuatan Pupuk Cair P lebih sederhana,
   -  siapkan tong plastik 30-50 lt
   -  potong-potong pohon pisang, seperti motong kue bolu gulung, masukkan dan susun di tong.
   - tuangkan 1/2 botol Mikroorganisme M4,
   -  tuangkan 1 kg gula putih
   - 
 Kemudian tutup rapat-rapat hingga 2 minggu mendatang.

Hasilnya kita tunggu 2 minggu mendatang.
Rencana pupuk cair ini akan saya gunakan untuk memupuk tanaman stroberi dan Kabocha. Saya ingin tanaman saya terpupuk dengan baik, sesuai masa dan kebutuhannya serta  dan tepat waktu dan takarannya.

Oke Pemirsa...itulah aktivitas saya bulan ini, next saya sambung dengan cerita hasil pembuatan pupuk ini sekaligus implementasinya ke tanaman stroberi dan kabocha saya.
Wassalam,





1 komentar:

  1. hello dearest blogger....thanx km membuat aq berhenti disini dan menhilangkan rasa dahagaku terhadp NPK organik......oya aq mau tanya neh.....hasilnya gmn setelah di implementasikan pada tanamanmu.....bls

    BalasHapus