Hasil Panen Kentang Merah

Hasil Panen Kentang Merah

Jumat, 24 Juni 2011

Rekreasi di Bandung Selatan (kota Pangalengan)

Kota Bandung saat ini tidak saja sebagai kota pelajar, namun sudah menjadi kota wisata, setiap awal week end gerbang tol paster sudah dipenuhi oleh antrian kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung, demikian pula Bandara Husen Satranegara banyak menurunkan penumpang dari Malaysia dan Singapura.

Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi disamping tempat2 Kuliner dan factory Outlet, seperti  Cihampelas, Pasar baru, Dago, Gasibu, Cibaduyut, Parompong, Lembang, Ciwidey dan Pangalengan.

Akibat dari semua iitu apa yang terjadi,...KEMACETAN.., sehingga setiap hari sabtu minggu atau hari libur saya mabur ke Pangalengan.
Pangalengan saat ini memang tidak seterkenal Lembang dan Parongpong, namun kalau kita amati secara seksama...wow..anda pasti terkesan...mari kita bedah apa saja yang ada dipangalengan tsb.

Sepanjang jalan dari Banjaran Pangalengan terlihat hamparan sawah dan pengunungan,...diahiri hamparan kebun teh ...kadang terselip tanaman sayuran... keindahan dan ketenangan tersebut lebih meyakinkan kita akan kebesaran Yang Maha Kuasa atas ciptaannya dan kita harus bersyukur atas itu.
(Kendaraan Umum Bandung Pangalengan Rp 15.000,-, ditempuh 1,5 Jam)

Masuk Kota Pangalengan pas Bundaran, Bila belok kekanan akan menuju Situ Cileunca. Disitu Cileunca kita bisa menyewa perahu mengelilingi situ, atau  rafting/arum jeram menyusuri sungai  dengan debit air dapat diatur dari situ cileunca, atau menuju pulau ditengah-tengan situ untuk bisa menikmati stroberi yang ditanam disana.
Jalan kekanan tersebut bila diteruskan, akan sampai ke Pantai laut selatan, daerah Garut atau Rancabuaya (pantainya masih asri)

Bila belok kekiri, kita akan memasuki kota pangalengan, melewati Terminal, Hotel Puri, Gedung KPBS,Kantor Telepon, Pasar Pangalengan, Kantor Polisi, hingga Bank Jabar dan PALEDROM selanjutnya kita bisa pilih mau ke Malabar atau Ke Kertamanah.
Bila menuju malabar kekanan setelah PALEDROM,  Malabar  adalah salah satu kebun dan pabrik teh PTP VIII, areal seputar perkebunan malabar setiap hari minggu dipagi hari dijadikan tempat berkumpul masyarakat untuk beraktivitas olahraga, sehingga sangat ramai, apaladi diseputar malabar terdapat makam Bosscha, sekitar 5 KM dari daerah tsb kita bisa menikmati pemandian Air Panas Cibolang.

Bila menuju Kertamanah, Kekiri setelah PALEDROM,  Kertamanah juga salah satu kebun dan pabrik teh PTP VIII, yang menghasilkan Teh kualitas ekspor,  terdapat penangkaran rusa, juga dilokasi kertamanah terdapat Project Geothermal yang menghasilkan listrik untuk menambah kebutuhan listrik jawa bali, dan tempat menuju ke arah project ini sudah menjadi tempat wisata, alamnya indah, seindah puncak di Cianjur.
Untuk menuju kertamanah pasti donk melewati WISMA ACEU di Kampung Cipanas,  penginapan berupa Home Stay sekaligus dengan fasilitas kebunnya, dibelakang Lokasi Wisma terdapat Pemandian Air Panas Tirta Bidadari, juga di jalur tersebut terdapat mesjid besar dengan Kubah  biru nan indah hasil CSR pengelola Project geothermal Wayang Windu
Aktivitas yang dapat  dilakukan disana, disamping menikmati panorama alam sambil bercengkrama dengan keluarga, juga bisa tea walk, atau kita dapat berinteraksi dan melihat aktivitas warga seperti perah susu sapi, loper susu ke penampungan, menanam sayuran atau melihat bagaimana sayuran dipanen dll

Aktivitas di lokasi-lokasi yang saya sebutkan diatas sudah barang tentu akan mengesankan, membuat kita betah berlama-lama, apalagi sambil dinikmati pakanan khas pangalengan, seperti susu murni pake gula merah, caramel, krupuk susu, dodol susu, kripik kentang ....yang kesemuanya dapat dijadikan buah tangan atau oleh-oleh pada saat kita mau meninggalkan Pangalengan.

Untuk bisa menikmati itu semua, Wisma Aceu menyediakan paket-paket wisata dengan acara seperti : menuju dan sampai di Wisma aceu  hari Sabtu Sore, malamnya api ungun, selanjutnya istirahat, besok pagi tea walk, dilanjutkan acara kebersamaan dengan diiringi organ tunggal atau acara tunggal Rafting /Arum jeram di Situ Cileunca, atau ikut panen Kentang / Wortel dibulan2 tertentu, baru sorenya kembali ketempat masing2.
(harga paket dijamin murah meriah dan terjangkau).

Demikian sekelumit cerita untuk rekreasi di Bandung Selatan, mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalam,
Haris Benyamin
0811249831
022 5978364
haben61@gmail.com

4 komentar:

  1. Wah ... boleh juga nih, sambil 'ngadem' renangnya air hangat ... !!!

    BalasHapus
  2. Tempat yang menyenangkan dan sejuk Pak Haris....

    Untuk menampilkan peta lokasi bisa caranya lihat di alamat : http://maps.google.com/help/maps/getmaps/index.html

    Terus agar tampilan berita lebih sedikit bisa ditambahkan readmore/baca selengkapnya. Dengan fasilitas ini jika pembaca ingin membaca lebih detail bisa click selengkapnya dan tampilan di web utama akan semakin baik serta berita yang dimunculkan bisa lebih banyak... Utk menambahkan readmore salah satu cara nya bisa dilihat dari alamat :
    http://edittag.blogspot.com/2006/11/blogger-read-more-on-beta-version.html

    Selamet mencoba Pak.... Semoga sukses selalu.... Amiin

    BalasHapus
  3. Wah bisa buat referensi buat liburan nih...saya paling suka atmosfer pedesaan,karena setiap hari sumpek dan bosan kemacetan di kota...Jadi suasana desa dapat menyegarkan pikiran dan jiwa...sampai ketemu bro...

    BalasHapus
  4. ane punya beberapa pilihan villa di pangalengan cocok untuk keluarga maupun rombongan ane simpan di situs pribadi ane bagus bagus lihat di http://www.rijalmaulana.com ada no phone nya disitu

    BalasHapus