Wisma Aceu

Wisma Aceu

Kamis, 26 September 2013

Demplot KABOCA (lanjutan...)

Assalamualaikum wr. wb.

Rekan2 ... saya mau lanjutkan cerita Kaboca yang saya tanam bekerjasama dengan perusahaan dari Negeri Taiwan Known You Seeds Indonesia, yang diwakili olah Sdr William Setiawan .
Tak terasa tanaman saat ini, sudah berumur 31 hari sejak pindah tanam dari media semai ke lahan tanam, bibit hasil penyemaian yang telah pindah tanam sebanyak 1600 pohon, terdiri dari lima jenis kaboca (varitas eastern rise, rarity, success, 2410 dan first state) Alhamdulillah sampai saat ini pohon yang ngak tumbuh alias mati kurang dari 100 pohon, Perjuangan untuk bisa mempertahankan tanaman hidup dan berkembang dengan baik, cukup melelahkan. namun menyenangkan. diawali dengan niat, kemauan dan kerja keras serta konsisten menjalankan proses penanaman yang telah disepakati dengan Sdr William membuahkan hasil walaupun hanya dibantu oleh  1 orang pegawai (Abah Omay), maka inilah hasilnya :

 
Proses Tanam singkatnya sebagai berikut

1.  Proses Penyemaian Bibit Kaboca (langsung dilakukan oleh Known You Seeds Indonesia)
2.  Penyiapan lahan.
     Lahan seluas 55 Tumbak seminggu setelah diroundup baru dicangkul, dibersihkan dan dibuang gulmanya,      serta dibuatkan bedengan untuk        menempatkan pohon yang akan ditanan (cangkul saya borongkan          seharga 150 ribu per 25 tumbak)
     Bedengan yang telah dibuat saya kasih pupuk kandang (150 karung) dan NPK mutiara 10 Kg 
     Agar terhindar dari binatang tanah yang merugikan seperti kuuk lahan saya tabur dengan 4 kg Furadan 
     Lahan dibiarkan satu hari baru ditutup dengan plastik mulsa, selanjutnya plastik dikasih lubang untuk              penanaman pohon.


3.  Pindah tanam hasil penyemaian saya lakukan pada tanggal 24 Agustus 2013, 1600 pohon menghabiskan      waktu 3 hari
4.  Kegiatan  selama sebulan ini adalah

  • Penyiraman pagi dan sore, 
  • Pemberian /  penyemprotan campuran        balance dengan micromix          3 kali  agar akar dan      daun kuat, 
  • Pengecoran nutrisi tambahan 1 kali
  • Pembuatan Paranggong dan pemasangan tali agar pohon dapat dirambatkan ditali
  • Mengikat dan merambatkan pohon ke tali rupanya cukup menyita waktu karena dari hari kehari pertumbuhannya sangat cepat sehingga dalam seminggu  terahir ini saya baru dapat tambahan tenaga 2 orang ibu2.
  • Cabang yang dipeliharan hanya 2 cabang, cabang lainnya dipotong 
  • Buah pertama dari cabang yang dipelihara saya buang/potong dan rencananya buah berikutnya hanya 1 buah yang akan dipelihara,  yang lainnya dibuang/dipotong agar buah yang dipelihara mencapai berat yang diinginkan
  • Cabang2 atau tunas yang keluar dari cabang yang dipelihara juga dibuang agar pertumbuhan dan pasokan nutrisi hanya menuju ke buah yang dipelihara.

 Walaupun penyiapan lahan serasa sudah maksimal, dalam kenyataan hama tetap ada terutama ulat        daun, namun insentitasnya sedikit, sehingga dengan insektisida simetrin dengan takaran sedikit/rendah,            sekali semprot hama dapat diatasi.

Pekerjaan selanjutnya sebelum panen tentunya akan sangat menentukan hasil panen, oleh karena itu konsistensi dan penangan dengan cepat dan tepat waktu, takaran dan dosis Insya Alloh panen akan berhasil sesuai yang diinginkan..doain ya. Panen atas buah kedua yang dipelihara , 40 hari setelah bunga mekar.

Setiap hari saya perhatikan kebun sambil memuji kebesaran Alloh, yang telah banyak memberikan  rizki kepada hambanya dengan berbagai cara.  kita hanya bisa berucap Subhanalloh...
Oke rekan2 next saya sambung lagi ceritanya setelah panen.

Wassalam







Tidak ada komentar:

Posting Komentar